Home / Artikel / BEAUTY & HEALTH / Masih Muda Kok Pelupa? Latih Dengan 9 Cara Ini Biar Kamu Nggak Gampang Lupa Lagi!

Masih Muda Kok Pelupa? Latih Dengan 9 Cara Ini Biar Kamu Nggak Gampang Lupa Lagi!

by Indy Sumaryo Senin, 28 Nov 2016 17:10 630 - BEAUTY & HEALTH

bg-reg

CeweQuat, kamu termasuk orang yang gampang lupa nggak? Jika iya, menjadi orang yang lupaan itu nggak enak ya. Apalagi kalau sudah berhubungan dengan masalah pekerjaan atau tugas kuliah. Sering lupa bisa menyebabkan beberapa pekerjaanmu jadi terbengkalai. Sangat disayangkan kalau kamu masih muda dan gampang lupa. Mungkin kamu sering lupa meletakkan handphonemu. Bukan handphone kamu yang bisa berjalan, tapi kamu yang lupa kalau sebelumnya meletakkannya di tempat tidur, bukan di meja ruang tamu.

Lupa bukan hanya dialami oleh orang tua yang daya ingatnya sudah menurun, tapi juga bisa menimpa kamu yang tergolong muda, CeweQuat. Stress, kualitas dan waktu tidur yang buruk, kurangnya asupan makanan serta trauma menjadi beberapa penyebab kamu menjadi orang yang pelupa. Biar kamu nggak gampang lupa lagi, 7 cara ini bisa meningkatkan daya ingatmu :

 

Kepalkan Tangan

 

 

Hasil penelitian di Amerika Serikat menunjukkan mengepalkan tangan dapat memperkuat ingatan seseorang. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ruth Proper, partisipan diberi bola karet dan diminta untuk meremasnya sekuat mungkin sebelum mengingat sebanyak 72 kata.Mereka meremas bola lagi dua menit kemudian ketika akan mengumpulkan sebanyak mungkin kata yang bisa diingat. Hasil menunjukkan bahwa mereka yang meremas dengan tangan kanan dan diikuti tangan kiri dapat mengingat sebagian besar kata-kata tersebut. Hasil terbaik kedua, yakni mereka yang mengepalkan tangan kanan pada saat bersamaan, sementara mereka yang tidak meremas sama sekali lebih baik daripada mereka yang mendahului dengan tangan kiri.

 

Lakukan Aktivitas Fisik Dan Games

 

 

Buat CeweQuat yang hobi atau sekedar menyenangi games patut kamu lakukan secara rutin. Banyak games di dunia maya yang bertujuan untuk meningkatkan daya ingat dan mengasah kemampuan otak untuk berpikir yaitu games tebak gambar, acak gambar dan lain-lain. Tak hanya itu, olahraga seperti jogging,berlari atau nge-gym merangsang pertumbuhan otak dan sel saraf untuk bekerja dengan baikn jadi nggak gampang lupaan

 

Hindari Kunyah Permen Karet Terlalu Lama

 

 

Tahukah kamu kalau kebiasaan mengunyah permen karet terlalu lama akan membuat kemampuan otak untuk menyimpan memori jangka pendek semakin menurun.  Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Michail Kozlov, seorang pakar psikologi dari Cardiff University. Dari penelitian tersebut ia menemukan fakta bahwa mengunyah permen karet memiliki efek buruk terhadap daya ingat. Semakin hilang rasa permen karet, maka semakin parah pula dampaknya terhadap ingatan orang yang mengunyahnya. Jadi jika kamu suka mengunyah permen karet jangan terlalu lama ya, CeweQuat.

 

Metode Ocero

 

 

 

CeweQuat, kamu pernah dengar metode yang satu ini nggak? Nah. metode ocero adalah cara untuk mengingat berbagai item yang berbeda dengan mengelompokkan item ini ke beberapa kategori. Dengan kata lain, kamu akan mengingat secara kategori, bukan item. Ketika kamu lupa salah satu item, kamu bisa memanggil ingatanmu kembali dengan mengingat item-item yang lain di kategori yang sama. Coba CeweQuat bayangkan kamu berada di dalam rumahmu. Lalu bayangkan kamu berada di sebuah kamar. Lihat benda-benda yang ada di kamar itu dan hapalkan urutannya. Nah, secara  nggak sadar kamu sudah mengelompokkan benda-benda itu ke satu kategori, yaitu “perabotan dan barang yang ada di Kamar ”. Ini diulangi lagi dengan ruangan lain, ruang tamu, dapur dan lain-lain.  Ketika kamu lupa dimana kamu menaruh mug kesayanganmu, kamu tinggal mengingat kembali urutan item-item di kategori “Perabotan Dapur”.  Jadi mug kesayanganmu itu pasti ada di dekat bak cuci piring.

 

Metode Baker

 

 

Selain metode ocero, kamu juga bisa memakai metode ini. Dalam ilmu psikologi, metode ini dilakukan dengan cara membagi peserta penelitian menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok diperlihatkan gambar seorang lelaki. Satu kelompok diberi tahu bahwa nama lelaki itu Baker, sedangkan kelompok lain diberi tahu bahwa lelaki itu seorang pembuat roti (baker). Ketika gambar ditampilkan dan peserta diminta untuk menyebutkan kata-kata terkait, maka kelompok yang tahu kalau pria itu seorang pembuat roti jadi lebih mudah menyebutkan berbagai kata. Pasalnya, ketika mengingat ‘pembuat roti’, maka mereka akan mengingat semua perlengkapannya seorang pembuat roti. Untuk mengingat detail, cobalah membuat kata kunci, misalnya menggunakan nama tokoh. Misalnya, kamu bisa mengingat Einstein atau kisah hidupnya untuk mengingat isi teori relativitas. Atau jika ingin mengingat Jogja, kamu bisa mengingat angkringan dan Malioboro.

 

Ulangi Sampai 3 Kali

 

 

Tentu kamu pernah mendengar nama  Franklin Roosevelt, presiden Amerika yang ke 32 ini ternyata menggunakan metode yang satu ini. Dia nggak pernah kesulitan mengingat nama-nama asistennya, selama 4  periode dia menjabat sebagai presiden. Ketika diperkenalkan dengan seseorang, Roosevelt akan mencoba mengulang nama itu tiga kali dalam hati, kemudian membayangkan bahwa nama itu tertulis di kening pemiliknya.  Jika kamu termasuk orang yang sulit mengingat nama metode ini bisa kamu praktekkan lho, CeweQuat.

 

Makanan Yang Mengandung Omega 3

 

 

Dalam sebuah penelitian di University of Pittsburgh, US, menemukan bahwa konsumsi omega 3 cocok untuk meningkatkan daya ingat orang dewasa. Kamu bisa dapatkan Omega 3 ini dalam makanan seperti salmon, tuna, kerang, kubis, biji labu, dan buah kenari. Bisa juga dalam bentuk suplemen instan. Nutrisi yang satu ini bermanfaat untuk otak, CeweQuat.

 

Meditasi 10 Menit Sehari

 

 

Cara lain yang juga bisa kamu coba adalah dengan meditasi setidaknya 10 menit setiap hari. Penelitian University of California menyebutkan bahwa meditasi dapat menambah kapasitas ingatan dan membuang hal-hal yang kurang penting yang ada dalam pikiran kita, CeweQuat.

 

Fokus Lakukan Tugas Satu Persatu

 

 

Fokus yang terpecah karena melakukan beberapa pekerjaan sekaligus akan memaksa otak kamu untuk bekerja terlalu keras, yang akhirnya bisa menurunkan kinerja otak dan daya ingat. Karena itu, buatlah pekerjaanmu menjadi lebih sederhana. Caranya, selesaikan pekerjaan kamu satu per satu, jangan sekaligus ya, CeweQuat. Dengan begitu, beban pikiran kamu pastinya akan lebih ringan.

 

Sering lupa di usia muda dapat mengganggu kinerja dan produktivitasmu. Coba deh kamu bayangin, kalau di kampus atau di kantor sering lupa sama agenda kegiatanmu sendiri? bisa-bisa dimarahin sama atasan lho, CeweQuat. Semoga 9 cara diatas bisa bermanfaat buatmu, share atau isi komentar dibawah ini ya jika kamu punya pengalaman yang sama.

 


0 Comment




Welcome to the community

Komunitas kita adalah wadah untuk komnunitas pengguna operator XL, dan disini setiap member bisa saling berbagi informasi dan saling membantu.
  348
  31/08/2016

Top Member

Indy Sumaryo

33
Petty Fathia

8
ActionCOACH South Jakarta

3
Saskia Wahyu Riani

2
bunga mega

2

NEWSLETTER