Home / Artikel / BEAUTY & HEALTH / Baca Ini, Ketahui 8 Dampak Mengerikan Bagi Kamu Yang Terlalu Eksis di Media Sosial

Baca Ini, Ketahui 8 Dampak Mengerikan Bagi Kamu Yang Terlalu Eksis di Media Sosial

by Indy Sumaryo Rabu, 30 Nov 2016 15:20 6414 - BEAUTY & HEALTH

bg-reg

CeweQuat, siapa yang nggak pernah menggunakan media sosial, hampir seluruh masyarakat dunia memiliki setidaknya satu akun media sosial, tak terkecuali di Indonesia. Berdasarkan data statistik Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII, penggunaan internet di Indonesia sepanjang tahun 2016 mencapai 132,7 juta orang dari total penduduk Indonesia sebanyak 256,2 juta orang dan sebanyak 71, 6 juta orang sering mengakses facebook, 19,9 juta menggunakan instagram dan 14,5 juta mengakses YouTube. Memang, secara kasat mata media sosial memiliki banyak manfaat dan memudahkan siapa saja untuk berkomunikasi serta mengakses informasi. Namun, di balik manfaatnya tersebut, penggunaan media sosial terlalu berlebih justru akan berdampak sangat buruk dan mengerikan terhadap kehidupan seseorang lho, CeweQuat. Apa saja ya dampaknya? Berikut ulasannya :

 

Perilaku Anti Sosial

 

 

Tahukah kamu, jika kamu terlalu sering menggunakan media sosial membuatmu jadi terlalu asyik dengan kehidupan di dunia maya sehingga tanpa disadari mundur dari kehidupan sosial yang sesungguhnya.

 

Depresi

 

 

Secara nggak disadari, terlalu eksis di media sosial bisa meningkatkan perasaan depresi. Kenapa ini bisa terjadi? Nah, ini karena akses informasi dan komunikasi melalui media sosial nggak jarang akan membuat suasana hatimu mudah berubah. Ketika merasa kalah cantik dari teman sesama pengguna media sosial, hal ini akan membuat perasaan menjadi kurang percaya diri, kurang nyaman dan stres hingga depresi. Jangan sampai ini terjadi padamu ya, CeweQuat.

 

Ketergantungan

 

 

Jika kamu sudah terlena dengan eksis di media sosial, kamu yang terlalu nyaman melakukan komunikasi dan akses informasi melalui media sosial akan bergantung padanya. Nggak membuka akun media sosial satu jam saja rasanya kepikiran terus. Buat orang yang terlalu eksis di media sosial, ia bahkan akan merasa kurang bahagia jika nggak update status, ganti foto atau berkomentar di akun teman. Kalau sudah mengalami ketergantungan, hal ini sangat berbahaya. Maka dari itu wajarlah untuk menggunakan media sosial ya, CeweQuat.

 

Kecemburuan Sosial

 

 

Keberadaan media sosial menjadikan seseorang terlalu kepo atau mau tahu dengan kehidupan dan kebahagiaan orang lain. Saat membuka akun media sosial dan melihat ada sahabat atau teman yang lebih sukses, nggak jarang hal ini akan membuat perasaan kamu terluka dan kecewa. Juga, ketika ada informasi yang membuat marah secara nggak sengaja dilihat di media sosial, ini akan membuat perasaan kamu menjadi kurang nyaman dan marah. Inilah yang nantinya akan meningkatkan kecemburuan sosial.

 

Cyberbullying

 

 

Tahukah kamu, mayoritas pengguna media sosial di bawah 30 tahun dan sebagian besar adalah remaja. Menurut penelitian, 95 persen remaja pernah melihat adanya bully di jejaring sosial. Lalu ada 33 persen remaja yang pernah mendapatkan bully di media sosial.

 

Attention Seeker

 

 

Banyak sekali informasi dari media sosial yang dengan cepat kita dapatkan ya, Cewequat. Namun,  jika kita sering nge-post di jejaring sosial kita, tanpa kita sadari kita ingin sekali diperhatikan oleh banyak orang. Entah kita sedang ada di cafe yang kece, atau sedang traveling. Parahnya, jika kita nggak dapat cukup banyak like, kita akan kesal.

 

Privacy Nggak Terjamin

 

 

Kamu selalu update jika sedang galau? Nggak ada larangannya kalau kamu mau curhat kok asalkan kamu cerita ke teman yang memang kamu percayai. Teman-teman di media sosialmu bakal bosan kalau kamu nge-post terus menerus yang isinya curahan isi hatimu karena baru putus sama pacar. Lagipula, kamu mau masalahmu diketahui oleh semua orang? Nggak ‘kan, CeweQuat.

 

Kesehatan Menurun

 

 

Banyak dari pengguna media sosial yang lupa dengan waktu. Karena mereka kecanduan jadi nggak jarang sampai begadang larut malam. Saking asyiknya jadi lupa makan. Akibatnya pencernaanmu jadi terganggu atau terkena gangguan kesehatan lainnya. Oleh karenanya, gunakan media sosial seperlunya ya, CeweQuat.

 

Nah, kamu tetap perlu membatasi dan mengontrol apapun yang ingin kamu sebar ke media sosial. Pastikan saat ingin memposting di media sosial, kamu tetap memiliki konten yang dapat berdampak positif bagi diri sendiri dan orang lain ya, CeweQuat.


0 Comment




Welcome to the community

Komunitas kita adalah wadah untuk komnunitas pengguna operator XL, dan disini setiap member bisa saling berbagi informasi dan saling membantu.
  348
  31/08/2016

Top Member

Indy Sumaryo

33
Petty Fathia

8
ActionCOACH South Jakarta

3
Saskia Wahyu Riani

2
bunga mega

2

NEWSLETTER