Home / Artikel / CAREER & BUSINESS / Jadi Wirausaha Bukan Cuma Butuh Modal, Tapi Juga Butuh Mental! Simak 6 Tips Ini Untuk Para Wirausaha Pemula.

Jadi Wirausaha Bukan Cuma Butuh Modal, Tapi Juga Butuh Mental! Simak 6 Tips Ini Untuk Para Wirausaha Pemula.

by Petty Fathia Senin, 03 Oct 2016 11:25 670 - CAREER & BUSINESS

bg-reg

Menjadi seorang wirausaha bukan perkara mudah. Tak hanya perlu ide yang inovatif, tapi juga banyak hal lainnya yang dapat mempengaruhi bisnismu. Kamu harus siap dengan berbagai macam hal di luar dugaan yang mungkin tidak hanya mempengaruhi bisnismu tersebut, tapi juga mentalmu.

Tidak sedikit wirausaha yang bisnisnya terhenti karena tidak tahu bagaimana survive dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, kamu harus tahu 6 hal di bawah ini yang akan menyelamatkan dan membuat bisnismu terus berjalan hingga sukses :

 

 

IKUTI PASSION DAN MINATMU

 

Membentuk sebuah bisnis tidak bisa hanya sekedar ikut - ikutan trend saja. Kamu harus cari tahu apa yang menjadi ketertarikanmu dan di bidang apa minatmu sebenarnya. Misalnya, kamu sangat menyukai fashion, kamu bisa mencari tahu bahwa bisnis apa saja yang dapat dibentuk dari minatmu tersebut. Kalau fashion biasanya terkait dengan bisnis jual baju online/offline atau mungkin membuka butik online/offline. Perluas pandanganmu terhadap minat yang kamu sukai dan imajinasikan sekreatif mungkin. Oh iya, jangan lupa untuk tetap menjadi diri sendiri dengan bisnis yang kamu bentuk, karena dengan begitu kamu akan dengan mudah menguasai bidang yang kamu pilih itu.

 

 

 

 

TENTUKAN TARGET PASAR

 

Setelah menentukan bidang bisnis yang kamu geluti, hal terpenting lainnya adalah menentukan siapa yang akan membeli barang dagangan atau jasa yang kamu tawarkan. Pertama, tentukan target pasar mulai dari gender, apakah untuk perempuan saja atau laki - laki saja atau malah bisa untuk siapa saja? Kedua, tentukan range usia dari gender yang sudah dipilih, apakah untuk anak - anak , remaja atau dewasa? Nah, terakhir tentukan untuk kalangan mana bisnismu tersebut, hal ini akan berdampak pada penentuan harga nanti. Karena tidak mungkin dong apabila kamu ingin target pasarmu dari kalangan menengah ke bawah, tapi kamu memberikan harga yang hanya bisa dibeli oleh kalangan menengah ke atas, bisa - bisa bisnismu tidak akan laku, CeweQuat.

 

 

 

WASPADA KOMPETITOR DAN FOLLOWERS

 

Sudah hal yang lumrah ketika kamu membangun sebuah bisnis lalu eksis di pasaran akan datang kompetitor baru yang tidak mau kalah untuk melampaui kesuksesan bisnismu. Bahkan tidak sedikit dari mereka akan meniru konsep bisnismu, golongan ini disebut followers. Memang hal semacam ini akan membuatmu kesal atau bahkan semangatmu bisa down jika tidak dikontrol dengan baik. Cara untuk menstabilkan keeksisan bisnismu di pasar supaya tidak terlempar jauh karena para kompetitor dan followers tersebut adalah sejak awal kamu harus memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri, sehingga ketika publik melihat para kompetitor tersebut, mereka otomatis akan membandingkan, ketika kamu memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh para pesaing dan pengikut, pelanggan tidak akan lari malah pada fase tersebut akan terlihat seberapa banyak pelanggan yang loyal terhadap produkmu.

 

 

 

BERSIAP JATUH DAN SEGERA BANGUN

 

Roda kehidupan terus berputar, artinya tidak mungkin bisnis yang kamu bangun akan selalu berada di atas, akan ada saatnya kamu akan mengalami masa di mana kamu sepi pembeli atau kesulitan menghadapi berbagai macam faktor penyebab penurunan kinerja ataupun profit. Faktor - faktor tersebut akan datang tidak hanya dari internal tapi juga dari pihak eksternal. Yang terpenting adalah sejak awal kamu memutuskan untuk menjalani sebuah bisnis, kamu harus tahu bahwa kamu telah mengambil resiko yang teramat besar. Siapkan mentalmu sejak awal. Supaya mental dan semangatmu terus stabil, cara termudah adalah tempatkan dirimu di lingkungan yang positif dan penuh dukungan terhadap apa yang kamu lakukan.

 

 

 

SELALU "MELIHAT KE BAWAH"

 

Kesombongan hanya akan membawamu menuju lubang hitam, tidak akan ada yang menghargaimu jika kamu tinggi hati terhadap kesuksesan yang kamu capai. Buah kesuksesan yang diraih oleh setiap orang, tidak luput dari dukungan orang - orang sekitarmu, maka hargailah mereka sebagaimana mereka telah melakukan kebaikan terhadapmu. Ada baiknya juga jika kamu rajin bersedekah, CeweQuat, hal ini tidak akan membuatmu miskin tetapi malah akan membuat rejekimu semakin bertambah. Dengan "melihat ke bawah" akan membentuk kepribadian baru dalam dirimu, kepribadian yang rendah hati.

 

 

 

 

JANGAN CEPAT PUAS

 

Untuk mendapatkan hasil jangka panjang dalam bisnismu, ketika sudah mencapai satu target, kamu tentu boleh berbahagia dan merayakannya. Tapi, ingat! Jangan cepat puas terhadap sebuah keberhasilan, ciptakanlah keberhasilan yang lain yang akan membawamu ke level yang lebih tinggi lagi dalam pembangunan bisnismu. Teruslah berkarya, jadikan dirimu inovatif dan bebas berimajinasi.

 

 

Sudah siap membangun bisnismu, CeweQuat? Seseorang yang berjiwa wirausha tidak akan takut memulai, jika kamu sudah memiliki ide bisnis, lakukanlah! Tidak besok, tidak nanti, tapi sekarang juga!

 

 


0 Comment




Welcome to the community

Komunitas kita adalah wadah untuk komnunitas pengguna operator XL, dan disini setiap member bisa saling berbagi informasi dan saling membantu.
  348
  31/08/2016

Top Member

Indy Sumaryo

33
Petty Fathia

8
ActionCOACH South Jakarta

3
Saskia Wahyu Riani

2
bunga mega

2

NEWSLETTER