Home / Artikel / CAREER & BUSINESS / Kamu Pengikut Prinsip “ The Power Of Kepepet”? Ubah Kebiasaanmu Dan Ikuti 6 Cara Ini Agar Kamu Melakukan Tugas Kantor Dengan Tenang Tanpa Deg-Degan

Kamu Pengikut Prinsip “ The Power Of Kepepet”? Ubah Kebiasaanmu Dan Ikuti 6 Cara Ini Agar Kamu Melakukan Tugas Kantor Dengan Tenang Tanpa Deg-Degan

by Indy Sumaryo Rabu, 09 Nov 2016 15:45 1018 - CAREER & BUSINESS

bg-reg

CeweQuat pernah melakukan tugas kantor di saat-saat terakhir nggak? Apa yang kamu rasakan?

Deadliner adalah orang yang senang melakukan sesuatu dengan waktu yang mepet. Oleh atasanmu, kamu diperintahkan untuk menyelesaikan tugas yang banyak itu sampai jam 2 siang, tapi kamu baru melakukan tugas itu jam 1 siang. Hanya ada waktu 1 jam untuk menyelesaikan tugas itu. Bagi  kamu seorang deadliner yang terbiasa kejar-kejaran waktu ini menjadi suatu kenikmatan tersendiri dan kamu pun selalu punya banyak alasan untuk menunda pekerjaan di menit terakhir. Memang hal itu sudah menjadi kebiasaanmu namun pernahkah CeweQuat berpikir akan dampak negatif yang akan terjadi di masa yang akan datang?

Nah, untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan terjadi, ada cara lain yang bisa CeweQuat terapkan agar kamu nggak di kejar-kejar waktu :

 

Pasang Kalender Dengan Berbagai Warna

 

 

Kamu tahu nggak, CeweQuat, orang yang menandai kalender mereka dengan berbagai warna cenderung lebih cepat menyelesaikan pekerjaan mereka. Mereka akan berpikir bahwa mereka tak boleh terjebak di warna yang menandakan suatu tugas tertentu terlalu lama. Ini akan memotivasi mereka untuk segera beralih ke warna berikutnya. Jadi dengan menandai warna-warna di kalender itu akan membantunya supaya lebih fokus melakukan tugas dengan baik.

 

Majukan Tenggat Waktumu

 

 

Jika pekerjaanmu harus diselesaikan dalam waktu 4 hari, majukan tenggat waktu bagi dirimu sendiri untuk berjaga-jaga. Buatlah menjadi satu atau dua hari sehingga kamu jadi lebih terdorong untuk segera mengerjakan tugas tersebut dan waktu yang tersisa dapat kamu manfaatkan dengan tugas yang lain.

 

Kurangi Distraksi

 

 

Distraksi adalah memusatkan perhatian  dengan menjauhi situasi yang tidak diinginkan dengan tujuan mengalihkan perhatian untuk mengurangi rasa tidak nyaman terhadap suatu objek. Salah satunya dengan cara berselancar di dunia maya pada saat jam kerja berlangsung. Nah, siapa diantara CeweQuat yang eksis di media sosial? Kebanyakan darimu pasti sering menggunakan media sosial di saat jam kerja untuk mengurangi jenuh yang berkepanjangan. Kalau kamu membuka media sosial atau situs-situs di internet yang nggak ada hubungannya dengan pekerjaanmu, kamu akan membutuhkan waktu kira-kira 20 menit untuk bisa kembali fokus pada pekerjaanmu. Fakta ini diungkap oleh tim peneliti Informate Mobile Intelligence di Amerika Serikat. Wasting time ya, CeweQuat?

 

Terapkan Prioritas

 

 

Ada saat dimana pekerjaan sangat banyak dan bebanmu sungguh berat, kamu pasti pernah mengalaminya ya, CeweQuat! Capek, panik, rasanya ingin menangis melihat tumpukan dokumen diatas mejamu. Kamu pun bertanya dalam hati, bisakah kamu melakukan tugas itu tepat waktu, nah take a deep breath dan tentukan pekerjaan mana yang lebih penting dan fokuslah melakukan tugas tersebut

 

Hindari Kebiasaan Menunda

 

 

Kebiasaan menunda ini timbul karena kita sering menganggap sepele atas tugas-tugas yang sudah menanti kita. Yang pasti, menunda pekerjaan dapat merugikan dirimu sendiri, CeweQuat. Bila kewajiban itu memang penting, lakukan sesegera mungkin dan alokasikan waktumu untuk menyelesaikannya.

 

Bersikap Tegas

 

 

Menolak tugas yang tidak dapat kita lakukan tentu akan menjadi dilematis. CeweQuat bisa memulai kebiasaan ini dengan bersikap tegas antara tugas kantor dan kepentingan yang lain. Jika memang kita tidak mampu untuk menyelesaikannya jangan memaksakan diri. Misalnya kamu hanya punya sedikit waktu untuk memenuhi undangan teman sementara pekerjaanmu nggak memungkinkan untuk ditunda.

 

Jadi kebiasaanmu yang serba mepet dalam melakukan tugas dapat diubah dengan 6 cara tersebut. Memang awalnya nggak mudah, namun jika kamu niat ingin berubah supaya nggak terburu-buru melakukan tugas, kamu akan terbiasa dan enjoy melakukannya tanpa harus deg - degan lagi.


0 Comment




Welcome to the community

Komunitas kita adalah wadah untuk komnunitas pengguna operator XL, dan disini setiap member bisa saling berbagi informasi dan saling membantu.
  348
  31/08/2016

Top Member

Indy Sumaryo

33
Petty Fathia

8
ActionCOACH South Jakarta

3
Saskia Wahyu Riani

2
bunga mega

2

NEWSLETTER