Home / Artikel / CAREER & BUSINESS / Agar Kerjamu Tetap Di Jalur Profesionalisme, Hindari 8 Kata Terlarang Ini Kepada Atasan

Agar Kerjamu Tetap Di Jalur Profesionalisme, Hindari 8 Kata Terlarang Ini Kepada Atasan

by Indy Sumaryo Selasa, 22 Nov 2016 16:30 600 - CAREER & BUSINESS

bg-reg

CeweQuat, profesionalisme  kerja dapat membawamu dalam meraih kesuksesan di tempat kerja. Kamu juga bisa mendapatkan respect dari atasan dan rekan kerja lainnya. Sebaliknya, kurangnya sikap profesional justru dapat membahayakan karirmu, CeweQuat. Agar kamu tetap dapat tampil profesional sekaligus menyenangkan di depan atasan, kamu harus menghindari mengatakan beberapa kata yang tak terpikirkan olehmu :

 

Saya Tidak tahu

 

 

 

Saat atasanmu menanyakan sesuatu hal kepada dirimu, hindari menjawab dengan, “Tidak Tahu”, daripada menjawab tidak tahu tawarkan dirimu untuk menanyakan kepada rekan kerja kamu yang tahu. Memberi jawaban tidak tahu menunjukkan sikap yang nggak profesional. Tentu kamu nggak ingin mendapat penilaian yang buruk ‘kan, CeweQuat!

 

Saya Tidak Bisa

 

 

Terkadang ada pekerjaan di luar batas kemampuan kita. Nah, sebelum mengatakan bahwa kamu ngga bisa, mengapa kamu nggak mencoba mengatakan bahwa kamu akan berusaha menyelesaikan semua tugas dengan baik. Jika pada akhirnya kamu nggak bisa  menyelesaikan semua pekerjaanmu setidaknya kamu sudah berusaha. Hal ini menunjukkan bahwa kamu telah berusaha dan bersikap profesional.

 

Ini Bukan Tugas Saya

 

 

CeweQuat, ada saat dimana kita memiliki tugas yang padat di hari-hari tertentu. Yang pertama dilakukan adalah nggak panik. Kemudian tanyakan kepada atasan dengan siapa kamu dapat bertanya tentang pekerjaan ini. Hal ini dapat meningkatkan nilai positif kepadamu. Who knows kamu diberi promosi jabatan.

 

Maaf, Tapi..

 

 

 

Pada saat bekerja, tak disengaja kamu melakukan kesalahan. Apa yang CeweQuat lakukan? Tentu yang diharapkan atasan adalah kamu mengakuinya tanpa menyalahkan orang lain. Alih-alih menyalahkan orang lain lebih baik akui kesalahan kamu dengan berani. Hal ini akan membuat kamu jauh lebih dihargai, CeweQuat!

 

Ini Tidak Adil

 

 

 

Nggak semua situasi sehari-hari di kantor bisa berjalan adil seperti yang kamu mau, CeweQuat Bila ada hal yang kamu rasa nggak adil, jangan langsung melaporkan kepada atasan. Lebih baik kamu lakukan analisis, di mana letak ketidakadilan perusahaan lalu pikirkan cara terbaik menyampaikannya.

 

Terserah

 

 

CeweQuat, pada dasarnya, kata "terserah" mencerminkan kejengkelan kepada lawan bicara saat diucapkan. "Terserah" juga bisa berarti merendahkan atasan dan pihak lain. Lebih baik kamu berikan jawaban tegas seperti "iya" atau "tidak" untuk memberi kesan teguh pendirian.

 

Akan Saya Coba

 

Kata "coba" mengandung makna yang lebih sopan untuk merespon tanggung jawab baru. Namun, kata "coba" justru mengindikasikan kurangnya rasa percaya diri akan kemampuanmu  sendiri. Bila kamu merespon dengan kalimat, "akan saya coba," untuk setiap permintaan atasan, kamu seakan memberi ruang pada kemungkinan adanya kegagalan. Sebaiknya CeweQuat lakukan saja perintah atasan secara maksimal kemudian minta maaf bila kamu nggak berhasil untuk melakukannya.

 

Lihat Saja Nanti

 

 

 

CeweQuat, kata ini bisa mengindikasikan penundaan keputusan tanpa batasan waktu yang jelas. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai kalimat pengganti rasa penyesalan akan keputusan yang telah dibuat namun nggak  disepakati bersama.

 

Itulah 8 kata terlarang untuk diucapkan kepada atasan, jangan sampai kamu melakukannya karena masa depan pekerjaan bisa hilang dengan salah mengucapkan kata-kata di hadapan atasanmu ya, CeweQuat. Share di kolom komentar jika kamu punya pengalaman dengan kata-kata tersebut!


0 Comment




Welcome to the community

Komunitas kita adalah wadah untuk komnunitas pengguna operator XL, dan disini setiap member bisa saling berbagi informasi dan saling membantu.
  348
  31/08/2016

Top Member

Indy Sumaryo

33
Petty Fathia

8
ActionCOACH South Jakarta

3
Saskia Wahyu Riani

2
bunga mega

2

NEWSLETTER