Home / Artikel / CAREER & BUSINESS / 7 Jenis Karakter Karyawan di Tempat Kerja, Apakah Mereka Ada di Sekelilingmu?

7 Jenis Karakter Karyawan di Tempat Kerja, Apakah Mereka Ada di Sekelilingmu?

by Selasa, 20 Sep 2016 09:00 2470 - CAREER & BUSINESS

bg-reg

Dunia kerja membawa kita ke sebuah masa di mana kita menyadari bahwa dunia tersebut sangat berbeda dengan dunia sekolah atau dunia kampus. Tempat di mana kita akan bertemu lebih banyak karakter manusia yang bahkan tidak pernah kamu duga ada sebelumnya.

Dari berbagai jenis karakter karyawan di tempat kerja ini tentu saja akan membuat kesan yang berbeda juga pada diri kita masing - masing. Ada yang sikapnya sangat mengganggu kita, saking mengganggunya bahkan memicu kamu untuk keluar dari pekerjaanmu. Ada pula yang asyik banget kepribadiannya, sampai – sampai kamu lupa waktu jika mengobrol dengannya. Ada pula yang bisa membuatmu terjebak dalam posisi "membahayakan". Wah, harus waspada nih, CeweQuat.

Tentu saja di luar hal - hal itu ada cara dalam menghadapi setiap karakter karyawan yang beraneka ragam tersebut supaya tidak berdampak buruk kepada diri kita. CeweQuat, setidaknya ada 7 jenis karakter manusia di tempat kerja yang harus kamu tahu, mereka adalah :

 

1. The Neutral

 

Golongan karyawan netral biasanya paling banyak berada dalam sebuah lingkungan kerja. Mereka tidak neko – neko dan tidak mengharapkan sesuatu yang lebih. Mereka bekerja untuk mendapatkan uang dan fokus dengan pekerjaan yang diberikan, bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan saja sudah lebih dari cukup. Mereka cenderung menghindari konflik dan biasanya kikuk menghadapi perubahan besar – besaran.

Berhadapan dengan karyawan yang netral kalian harus mencocokkan dahulu ada di poin nomor berapa karaktermu berada. Karyawan yang netral suka diajak ngobrol santai, tidak suka tekanan, tidak suka hal – hal ekstrem apalagi yang berkaitan dengan terancamnya kenyamanan mereka bekerja. Mereka lebih suka untuk dihadapkan dengan situasi tenang dan aman.

 

 

2. The Fashionista

Tidak peduli apa jabatannya, karyawan yang menggilai fashion biasanya akan tampil maksimal ke kantor. Penghasilannya setiap bulan tidak akan absen membeli berbagai baju dan pendukung penampilan lainnya. Menurut mereka, rasanya nggak semangat kalau nggak pakai baju baru ke kantor.

Umumnya si Fashionista adalah tipe pribadi yang supel dan mudah bergaul. Tapi, ada juga beberapa tipe pribadi Fashionista yang tergolong anggun, sehingga dia terlihat pendiam padahal sebenarnya senang berbagi cerita dan ngobrol.

Supaya bisa akrab dekat si Fashionista, kamu bisa memulai pembicaraan dengan memuji penampilannya hari ini atau apapun yang membuatmu terkesan, seperti lisptik yang digunakan atau parfum merk apa yang dipakai. Hal itu akan mendongkrak kepercayaan dirinya dan akan meneruskanmu masuk ke pembicaraan yang lebih menyenangkan dari hanya sekedar complimenting.

 

 

3. The Loudest-but-Empty Type

 

Waspada terhadap tipe karyawan ini, CeweQuat. Mungkin awalnya dia akan sangat menyenangkan diajak berteman bahkan hang out sekalipun, tetapi biasanya kualitas pertemanan kalian adalah berdasar dari membicarakan hal - hal yang tidak bermanfaat termasuk membicarakan kejelekan orang lain.

Yang membahayakan adalah ketika dia menemukan satu atau dua orang baru yang membuatnya merasa nyaman, dia akan meninggalkanmu dan mulai membicarakanmu dengan teman - teman barunya tersebut. Cara mengatasi supaya kamu tidak terbawa menjadi pribadi seperti ini, sebaiknya kamu sedikit menjaga jarak dengannya dan jangan terbawa suasana untuk ikut - ikutan membicarakan kejelekan orang lain. Jika dia melakukannya cukup mendengarkan dan merespon seperlunya, kemudian alihkan ke topik pembicaraan lain yang membuatnya lupa untuk melanjutkan kebiasaan buruknya atau kamu juga bisa menasehatinya dengan baik - baik. Jadi, kamu bisa sekaligus membantu tipe karyawan seperti ini untuk mengurangi kebiasaan buruknya, kan CeweQuat?

 

 

4. The Ice-Breaker Type

 

Kalau nggak ada dia sepi banget, deh kantor! Nah, tipe karyawan satu ini biasanya paling dicari oleh semua orang karena selalu bisa membuat semua yang sedang kepusingan dengan pekerjaan yang tidak kunjung habis tertawa dan terhibur.

Layaknya stand up komedian, celetukannya tipe karyawan ini akan sangat renyah didengar. Tipe karyawan ini sebetulnya masuk ke golongan netral, tapi mereka punya kelebihan tersendiri yang menonjol yaitu membuat suasana yang kaku menjadi cair.

 

 

5. The Ambitious Type

 

Jarang tertawa atau bercanda dan selalu serius di meja kerja adalah pribadi yang paling menggambarkan karakter karyawan satu ini. Dia sangat berambisi mengejar karir dan tujuannya adalah mengesankan atasan dengan kemampuan yang dimilikinya.

Tipe karyawan ini biasanya sangat loyal terhadap perusahaan dan berdedikasi. Dia bisa berada di kantor dan bekerja sampai larut malam. You can say they are workaholic! Sayangnya, kadang ada karyawan yang memiliki karakter seperti ini, namun tidak dapat mengkontrol ambisinya sehingga menjatuhkan orang lain yang dinilai tidak dapat menyamakan kemampuannya dalam profesionalitas pekerjaan.

Kamu sah - sah saja berteman dengan karyawan tipe ambisius, tapi kamu harus tahu batasan mana yang boleh dilakukan saat dalam pekerjaan atau di luar kantor, CeweQuat. Mereka dengan karakter ambisius ini bisa sangat menyenangkan di luar kantor, tapi sebaiknya kamu lebih serius untuk menganalisa keadaan dan mengenali kondisi saat berhubungan dengan karyawan dengan karakter ini di dalam kantor.

 

 

6. The Victims Type

 

Karakter karyawan yang menjadi "korban" bisa dibilang berasal dari golongan netral yang tidak dapat melakukan defense, karena terlalu netral dan takut kehilangan pekerjaan biasanya mereka menerima segala sesuatu tindakan dengan apa adanya sekalipun itu menyakiti perasaan dan membuat mereka tidak dihormati.

Untuk menghadapi karakter victims, CeweQuat bisa memotivasinya agar mereka lebih berani berpendapat dan membela diri apabila benar. Karena, jika dibiarkan karyawan dengan karakter ini bisa depresi dan malahan bisa menyebabkan apapun yang dikerjakannya berantakan.

 

 

7. The Insecure Type

 

Ketimbang karakter karyawan yang ambisius, karakter insecure lebih berbahaya lho CeweQuat. Kenapa? Karena mereka akan menghalalkan segala cara untuk melindungi diri mereka dari kesalahan. Seperti, jika atasan menegur karyawan jenis ini, dia akan mudah panik dan melibatkan setiap orang yang terkait dengan hal yang menjadi dasar teguran tersebut untuk melindunginya dari kesalahan.

Sebagai CeweQuat, kalian harus mawas diri dan bersikap tenang dalam menghadapi jenis karyawan yang insecure. Karena karakternya yang mudah panik akan berbanding terbalik dengan kepribadian yang tenang, sehingga kamu tidak akan dilibatkan lebih dalam oleh hal yang membuat mereka tidak aman.

 

CeweQuat, banyak ya karakter dalam dunia kerja yang mungkin ada di sekelilingmu. Bekerjalah dengan jujur dan tunjukkan kemampuanmu dengan cara yang baik dan benar. Profesionalitas sangat diperlukan dalam dunia kerja, begitu juga dengan kecerdasan akademis. Tapi, ada yang lebih penting, yaitu perkembangan karakter. Kenalilah dirimu sendiri dengan sebaik mungkin dan jadilah perempuan yang tidak hanya cerdas tapi juga berbudi pekerti yang baik.





0 Comment




Welcome to the community

Komunitas kita adalah wadah untuk komnunitas pengguna operator XL, dan disini setiap member bisa saling berbagi informasi dan saling membantu.
  367
  31/08/2016

Top Member

Indy Sumaryo

33
Petty Fathia

8
ActionCOACH South Jakarta

3
bunga mega

2
Saskia Wahyu Riani

2

NEWSLETTER