Home / Artikel / CAREER & BUSINESS / Inilah 5 Alasan Kamu Tidak Perlu MBA untuk Menjadi Entrepreneurs!

Inilah 5 Alasan Kamu Tidak Perlu MBA untuk Menjadi Entrepreneurs!

by ActionCOACH South Jakarta Kamis, 22 Sep 2016 08:59 957 - CAREER & BUSINESS

bg-reg

Setiap orang tentunya ingin sukses. Namun, bagaimana caranya? Ada begitu banyak cara yang ditempuh mulai dari menjadi entrepreneurs hingga menjadi professional dengan jenjang karir tertentu. Nah, apabila kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang sedang mempertimbangkan untuk mengambil gelar MBA atau Master of Business Administration untuk mencapai sukses, simak dahulu yuk artikel berikut sebelum benar-benar memutuskan!

Dengan begitu banyak orang di sekeliling kita yang memiliki gelar Master, memang bisa sangat mengintimidasi apabila kita tidak memiliki gelar yang setara. Namun demikian, perlu diketahui bahwa ada begitu banyak orang sukses dalam karir maupun sebagai entrepreneurs yang tidak memiliki gelar Master atau setidaknya menunggu waktu yang tepat untuk mengambilnya. Inilah 5 alasan mengapa Anda tidak perlu mengambil gelar MBA :

 

 

1. Kamu tidak akan menghasilkan lebih banyak uang

 

Lulusan MBA yang kemudian ingin melanjutkan karirnya sebagai professional pada dasarnya tidak akan menerima expected salary setinggi yang dibayangkan. Perusahaan pada dasarnya juga mempertimbangkan pengalaman bekerja yang telah dimiliki si pelamar. Maka itu, sebelum kamu benar-benar memiliki pengalaman kerja yang menawan, sebaiknya pikirkan lagi apakah kamu benar-benar membutuhkan gelar MBA. 

 

 

2. MBA itu mahal

 

Jika kamu mempertimbangkan untuk pergi ke top rank university dan mengambil kelas full time, kemungkinan besar kamu tidak akan memiliki waktu untuk terus melanjutkan perjalanan karirmu. Artinya, semua kebutuhan hidup dan MBA menjadi biaya semata. 

 

 

3. Waktu yang terbuang

 

Umumnya, program MBA memakan waktu hingga 2 tahun untuk program full time. Artinya, kamu telah kehilangan 2 tahun untuk bekerja dan menghasilkan uang.  Kamu bisa saja mempertimbangkan untuk mengambil kelas part time, namun tentu saja, jangka waktu selesainya akan lebih lama lagi. Poinnya adalah kamu harus memahami bahwa gelar Master tidak bisa didapat dalam semalam. Untuk itu, kamu harus siap merelakan waktu dan biaya, termasuk juga kehidupan pribadi, kehidupan sosial bahkan kehidupan professional untuk sebuah program MBA. Siapkah kamu, CeweQuat?  

 

 

4. MBA belum tentu membantu karirmu

 

Program MBA pada dasarnya fokus pada skill bisnis standar seperti akunting, finance, operasional dan marketing dengan menggunakan critical thinking dan analytical skills. Kemampuan seperti itu tentu saja cocok untuk level manajerial pada suatu perusahaan. Namun demikian, seringkali perusahaan menilai kemampuan seseorang dari pengalaman industri juga, tidak serta merta dari pengalaman atau pengetahuan yang terlalu umum seperti yang diajarkan di program MBA. 

 

 

5. Kamu tidak perlu gelar MBA untuk membangun network

 

Salah satu alasan kuat yang membuat banyak orang menginginkan gelar MBA adalah kesempatan mendapatkan network. Hal ini tentu saja benar, tetapi masih banyak lagi peluang mencari network lain yang biayanya tidak semahal program MBA.

 

 

Nah, setelah kamu memikirkan kelima hal ini, sebaiknya pertimbangkan program-program lain yang lebih relevan terhadap minat dan tujuan akhir yang ingin dicapai. Bagi kamu yang ingin membuka usaha sendiri atau meningkatkan hasil bisnismu, sebaiknya pertimbangkan program - program yang memberikan pengetahuan praktis yang bisa langsung di implementasikan (lihat program Akademi Bisnis kami, klik DISINI).


0 Comment




Welcome to the community

Komunitas kita adalah wadah untuk komnunitas pengguna operator XL, dan disini setiap member bisa saling berbagi informasi dan saling membantu.
  348
  31/08/2016

Top Member

Indy Sumaryo

33
Petty Fathia

8
ActionCOACH South Jakarta

3
Saskia Wahyu Riani

2
bunga mega

2

NEWSLETTER