Home / Artikel / INSPIRING STORY / Mengenal Hillary Clinton, Sang Calon Presiden Perempuan Pertama Amerika Serikat

Mengenal Hillary Clinton, Sang Calon Presiden Perempuan Pertama Amerika Serikat

by Petty Fathia Selasa, 04 Oct 2016 22:05 1104 - INSPIRING STORY

bg-reg

"Ibu saya pernah berkata, jangan membatasi dirimu untuk melakukan apa saja yang kau minati hanya karena kau seorang perempuan." - Hillary Clinton


 

Dunia sedang dihebohkan dengan pencalonan diri seorang perempuan yang akan menjadi Presiden salah satu negara maju, Amerika Serikat. Tak lain dia adalah Hillary Clinton, yang juga pernah menjadi Ibu negara penganut liberalisme tersebut saat suaminya, Bill Clinton menjadi Presiden AS pada tahun 1993 - 2001. Pasalnya, Amerika Serikat belum pernah mendapat seorang Presiden seorang perempuan sebelumnya.

Perempuan berusia 62 tahun yang lahir di Chicago, Illinois ini menginginkan perubahan besar bagi negaranya dengan menjunjung tinggi kesetaraan gender yang sebelumnya belum pernah dicetuskan oleh para pendahulu. Sebenarnya siapa Hillary Clinton ini? Dan publik sedang mempertanyakan apakah benar jika seorang Hillary Clinton menjabat sebagai Presiden perempuan pertama di Amerika Serikat dia akan merubah tidak hanya negaranya tapi juga seluruh dunia? Berikut 10 fakta dan ulasan dari dua pertanyaan tersebut :

 

Memiliki Cita - Cita Menjadi Politisi

 

Politik bukanlah hal asing lagi bagi Hillary Rodham Clinton, sejak kecil topik tentang politik sudah menjadi bagian dari keluarganya. Rumah orang tuanya merupakan salah satu pos berkumpulnya para pendukung Partai Republik di wilayah Park Ridge. Ayahnya adalah seorang yang konservatif dan seorang eksekutif dalam industri tekstil dan Ibunya seorang Ibu Rumah Tangga.

Rupanya, keseharian Ayahnya yang sering berdebat seru seputar politik bersama teman - temannya di rumah, membawa ketertarikan kepada Hillary. Dia terkadang ikut nimbrung bicara dan dia juga aktif dalam berbagai organisasi di SMAnya dulu. Tak heran dia menjunjung tinggi persamaan hak, karena dia adalah pendukung fanatik Dr. Martin Luther King Jr., tokoh kulit hitam yang memperjuangkan persamaan hak antara kulit putih dan kulit hitam.

 

 

Almamater Dari Yale University

 

Kecerdasan Hillary memang tidak perlu diragukan lagi. Setamat SMA ia melanjutkan pendidikannya ke Wellesley College, sekolah khusus anak perempuan. Lalu, setamatnya dari sana, ia melanjutkan lagi pendidikannya ke Yale University dan mengambil Jurusan Hukum untuk bidang studinya. Dari Yale University ini juga dia bertemu dengan suaminya, Bill Clinton dan kemudian mereka menikah pada tahun 1975 yang melahirkan seorang anak perempuan bernama Chelsea Victoria Clinton.

 

 

Didukung Penuh Oleh Publik Figur Perempuan Amerika Serikat

 

Pencalonannya sebagai Presiden Amerika Serikat mengundang sejumlah Pro dan Kontra. Ternyata banyak sekali publik figur Amerika, baik itu penyanyi hingga model papan atas yang mendukung Hillary. Sebut saja, Katy Perry yang gencar membantu kampanye Hillary, kemudian aktris Lena Dunham, Demi Lovato dan Beyonce juga kerap menunjukkan dukungannya kepada Hillary Clinton. Nama - nama publik figur tersebut kita sudah mengenalnya dengan karya mereka yang termasuk dalam kategori feminis, bahwa perempuan juga bisa bangkit dan sukses.

 

 

Memiliki Sejarah Karir Yang Excellent

 

Hillary kini masih menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat perempuan pertama yang di mana pada tahun 2009 silam dia mendapat tugas mengunjungi Indonesia dan dia bahkan menyematkan fotonya bersama sekumpulan siswa Indonesia di laman resmi kampanyenya saat ini. Selain itu, dia juga mencatat prestasi sebagai rekan wanita pertama di Firma Hukum Rose pada tahun 1979 dan dua kali tercatat sebagai salah seorang dari 100 orang pengacara paling berpengaruh di AS.

 

 

Latar Belakang Keluarga Yang Disiplin dan Sederhana

 

Ayahnya, Hugh Rodham mendidik Hillary dan kedua adik laki - lakinya dengan disiplin dan sederhana. Hillary juga mengakui bahwa Ayahnya tergolong sangat pelit dalam hal ekonomi yang bisa dibilang merupakan imbas dari kesulitan ekonomi yang dialami AS pada awal 1900-an. Pada musim dingin sekalipun, Ayahnya terbiasa mematikan pemanas ruangan bila semua anak - anaknya sudah tidur dan menghidupkannya kembali pada pagi hari untuk menghemat listrik. Hal ini yang membuat terbentuknya karakter rendah hati dan sederhana di dalam diri Hillary Clinton.

 

 

Terbukti Sebagai Perempuan Kuat Dalam Kehidupannya Sendiri

 

Tahun 1998, terungkap sebuah skandal yang mengancam keharmonisan pernikahan Hillary dengan suaminya, Bill Clinton. Saat itu Bill Clinton berselingkuh dan dituduh berhubungan secara seksual dengan seorang perempuan bernama, Monica Lewinsky yang merupakan seorang intern di Gedung Putih dan Pentagon. Walaupun tentang hubungan seksual tersebut dibantah oleh Bill Clinton sendiri. Dan karena skandal inilah Bill Clinton hampir dipecat sebagai Presiden AS.

Hillary sendiri sangat terpukul dengan kejadian ini, dia sempat berpikir ingin meninggalkan Bill, Tapi Hillary bisa survive, waktu memberikan jawabannya, mereka tetap bersama demi anak perempuan mereka Chelsea hingga sekarang.

 

 

 

 

Tidak banyak orang yang berani maju terutama seorang perempuan untuk menuntut haknya seperti Hillary Clinton. Di beberapa negara lain, perempuan kerap kali dianggap warga negara kelas dua dan tidak mendapatkan hak yang sama dengan laki - laki, oleh karena itulah di masa kini banyak perempuan yang maju menuntut kesetaraan gender. Bukan berarti perempuan yang menuntut kesetaraan gender benci dengan laki - laki, tapi ingin maju bersama, beriringan dan tidak ada pemberlakuan diskriminasi yang terkait gender. Karena perempuan juga memiliki kemampuan tersendiri dan banyak hal yang bisa seorang perempuan kerjakan. Semoga saja akan lahir semakin banyak Hillary - Hillary lain di dunia ini, terutama di Indonesia.

 

Jadi, CeweQuat bagaimana menurutmu? Apakah Hillary Clinton akan menorehkan sejarah dengan menjadi Presiden perempuan pertama di Amerika Serikat? Kita tunggu saja, ya hasil pemilihannya nanti!


0 Comment




Welcome to the community

Komunitas kita adalah wadah untuk komnunitas pengguna operator XL, dan disini setiap member bisa saling berbagi informasi dan saling membantu.
  348
  31/08/2016

Top Member

Indy Sumaryo

33
Petty Fathia

8
ActionCOACH South Jakarta

3
Saskia Wahyu Riani

2
bunga mega

2

NEWSLETTER