Home / Artikel / LOVE & DATING / Bride To Be, Ini Dia 10 Langkah Persiapan Pernikahan Yang Harus Kamu Lakukan!

Bride To Be, Ini Dia 10 Langkah Persiapan Pernikahan Yang Harus Kamu Lakukan!

by Saskia Wahyu Riani Senin, 26 Sep 2016 07:00 1441 - LOVE & DATING

bg-reg

Hai CeweQuat! Pernikahan tentunya adalah sebuah momen yang tidak akan terlupakan, karena hanya akan terjadi untuk sekali seumur hidup. Bagi para CeweQuat yang sedang menjalani hari - hari sebagai bride-to-be, persiapan pernikahan sangat menyenangkan tapi juga sekaligus membuat kalian pusing untuk mempersiapkan apa saja demi membuat pernikahan kalian sempurna.

Nah, dibawah ini ada beberapa tahapan dan apa saja yang harus kalian persiapkan. Yuk, kita simak :

 

1. Konsep Acara

 

Tentukan konsep acara yang kamu dan pasangan inginkan, baik itu nasional, modern ataupun adat, Setelah itu bicarakan dengan orang tua masing-masing. Konsep acara ini penting sekali! Kamu, pasangan dan keluarga tentunya memiliki pendapat yang berbeda-beda. Jangan hanya mementingkan diri sendiri, karena pernikahan bukan hanya menyatukan dua orang tapi, dua keluarga besar lho!

Masing - masing konsep memiliki plus minusnya. Konsep Adat cenderung memakan proses lebih lama dan dengan budget yang lebih besar, namun akan terasa kesakralan dan keunikan di setiap tahapan tersebut. Konsep ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki minat akan budaya bangsa kita.

Sedangkan konsep modern atau nasional, pastinya dengan proses acara yang lebih cepat tanpa mengurangi kesakralannya. Konsep modern saat ini yang sedang menjadi trend yakni konsep outdoor dan rustic.

 

 

2. Tentukan Perkiraan Jumlah Undangan

 

Kamu dan masing-masing orang tua harus membuat guest list sementara untuk perkiraan berapa banyak jumlah tamu yang diundang. Setelah itu dikalikan dua. Hasilnya adalah jumlah orang yang akan hadir dalam acara pernikahanmu. Hal ini dilakukan untuk menentekuan venue mana yang kamu pilih, apakah memiliki kapasitas tamu yang cukup atau tidak. Ngga mau kan tamu yang datang terlihat berdesakan atau terlihat sangat kosong?

 

 

3. BUDGET

 

YUP! BUDGET! Kamu harus bisa menentukan berapa biaya yang dibutuhkan untu melangsungkan acara pernikahan kalian. How? Pertama, kalian bisa melakukan riset harga ke beberapa vendor pernikahan. Setiap tahunnya pasti seringkali diadakan Wedding Exhibition, kamu bisa datang dan riset harga terlebih dahulu. Bahkan bisa test food lho!

Kedua, sesuaikan hasil riset kamu dan buat list dengan peringkat harga serta plus minus dari vendor - vendor tersebut. Ketiga, sesuaikan harga-harga tersebut dengan kemampuanmu. Ingat! Semua harus dibicarakan kepada keluarga dan pasanganmu.

 

 

4. Tentukan Wedding Venue

 

INI PENTING BANGET!! Jika kamu dan pasangan memutuskan untuk melakukan pernikahan di gedung, kalian harus menyesuaikan dengan jumlah tamu, siapa saja yang diundang karena menyangkut kenyamanan gedung baik dari segi fasilitas maupun lokasi, sesuai dengan konsep acara dan tentunya sesuai budget. 

Mostly, gedung-gedung favorit akan cepat full booked bahkan hingga 1-2 tahun ke depan. Jadi, kalian harus menyiapkan list - list gedung mana saja yang cocok dan available di waktu yang kalian tentukan. Setelah kalian mendapatkan gedung, pastikan apa saja vendor rekanan dengan gedung yang kalian pilih. Terkadang ada beberapa gedung yang memiliki rekanan vendor dan ada juga yang membebaskannya (namun biasanya terkena biaya tambahan), biasanya vendor yang menjadi rekanan gedung adalah catering, photographer, dekorasi dan rias.

 

 

5. Tanggal Pernikahan

 

Cara menentukan tanggal pernikahan berbeda-beda. Ada yang menentukannya sesuai tanggal baik menurut adat ataupun agama. Setelah menentukan tanggal pernikahan barulah menentukan venue gedung dan vendor - vendor lain. Tapi, saat ini banyak juga  para calon pengantin yang justru memilih venue dan menentukan tanggal pernikahan sesuai dengan waktu yang masih tersedia pada venue yang diinginkanHal ini dikarenakan terkadang menemukan venue yang cocok sangatlah sulit.

 

 

6. Cari Tahu Tentang Vendor

 

Vendor-vendor ini terdiri atas catering, cincin pernikahan/mahar, rias dan busana, musik, dekorasi, souvenir, undangan, photographer dan lain-lain. Terkadang ditambah dengan vendor Wedding Organizer. Dari beberapa vendor ini yang sangat perlu menyediakan budget paling besar adalah catering. Buatlah list terlebih dahulu dan berikan peringkat 1-5 untuk vendor yang sepertinya sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu bisa sangat terbantu dengan adanya internet, dan beberapa website atau forum pernikahan. Disana kamu dapat menemukan review para mantan capeng terhadap vendor - vendor yang mereka pilih. Bahkan kamu juga bisa ikut berdiskusi dan bertanya kepada mereka. 

 

 

7. Pengurusan KUA

 

Setelah kamu menentukan hari dan tanggal pernikahanmu, segeralah mengurus dokumen-dokumen persyaratan pencatatan pernikahan baik itu melalui KUA ataupun Catatan Sipil. Persiapkan foto (sesuai dengan persyaratan) dan dokumen-dokumen seperti photo copy KTP, KK, Akte, Surat Pengantar dari Kelurahan, dan lain-lain. Kecil kemungkinan untuk menyelesaikannya dalam satu hari. Hal ini perlu dilakukan paling maksimal dua bulan sebelum hari pernikahan untuk menghindari tanggal penuh.

 

 

8. Don't Forget to Make Your Own To-Do-List or Schedule

 

Kamu harus memiliki sebuah buku untuk mencatat apa saja yang diperlukan dan apa saja yang telah diselesaikan. Mulai dari susunan acara, susunan kepanitiaan acara, guest list, kapan harus menyelesaikan pembayaran, dan sebagainya. Kalau kalian malas mencatatkannya dalam buku, sekarang kalian bisa mendownload mobile app yang berfungsi sama seperti diatas dan bahkan muncul reminder. Jadi kamu tidak akan lupa apa yang harus kamu lakukan hari itu.

 

 

9. Pre-Marital Health Check

 

Masih banyak para calon pengantin yang lupa pentingnya cek kesehatan sebelum pernikahan atau cek kesehatan pra-nikah. Hal ini membantu kamu dan pasangan untuk terhindar dari masalah kesehatan saat berlangsungnya pernikahan, terutama untuk keturunan nantinya. ada beberapa tes yang biasanya dilakukan, yaitu : pemeriksaan DPL, tes HBsAg, tes TORCH, tes VDLR/RPR dan organ reproduksi kamu dan pasangan.

Selain itu, alangkah baiknya kamu dan pasangan melakukan vaksinasi demi menghindari penyakit. Vaksinasi yang biasanya dilakukan sebelum pernikahan yaitu HPV, Hepatitis A & B, MMR, Varicella, dan TT (Tetanus Toksoid). Untuk vaksinasi, kalian bisa melakukannya di Puskesmas, Klinik atau Rumah Sakit terdekat. 

 

 

10. Siapkan Mental dan Lebih Mendekatkan Diri Pada Tuhan

 

Menjelang pernikahan belum tentu berjalan lurus, terkadang ada permasalahan kecil yang bisa menjadi besar atau sebaliknya. Dibutuhkan mental yang kuat bagi kamu, pasangan dan keluarga. Saling menjaga perasaan dan menjaga komunikasi dua arah, serta saling bekerja sama mempersiapkan pernikahan.

Tidaklah lupa untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, karena kamu dan pasangan akan melaksanakan salah satu perintah Tuhan dan kalian dipertemukan karena Tuhan. :)

 

Nah CeweQuat, banyak juga ya tahapan yang harus dipersiapkan menjelang pernikahan. Yang pasti gunakan waktu persiapan ini sebaik - baiknya demi membuat pernikahanmu sempurna dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Nikmatilah prosesnya karena hanya akan berlangsung sekali seumur hidup. 


0 Comment




Welcome to the community

Komunitas kita adalah wadah untuk komnunitas pengguna operator XL, dan disini setiap member bisa saling berbagi informasi dan saling membantu.
  348
  31/08/2016

Top Member

Indy Sumaryo

33
Petty Fathia

8
ActionCOACH South Jakarta

3
Saskia Wahyu Riani

2
bunga mega

2

NEWSLETTER