Home / Artikel / LOVE & DATING / 5 Alasan Menikah Yang Sering DItemui, Hati - Hati Salah Mengambil Keputusan!

5 Alasan Menikah Yang Sering DItemui, Hati - Hati Salah Mengambil Keputusan!

by Petty Fathia Senin, 26 Sep 2016 21:24 916 - LOVE & DATING

bg-reg

Menginjak usia di atas 23 tahun pada umumnya seseorang akan mulai memikirkan untuk mengikat janji sehidup semati bersama dengan pasangannya. Terlebih lagi jika sudah banyak bermunculan undangan pernikahan dari teman - teman dekat. Rasanya ingin segera cepat - cepat menyusul mereka, terutama para perempuan.

Harus diingat bahwa pernikahan bukanlah ajang lomba atau kompetisi. Pernikahan adalah momen di mana kamu harus siap untuk perubahan besar  - besaran dalam kehidupanmu. Pertanyaannya, apakah kamu benar - benar sudah siap?

Menurut riset, ada beberapa alasan orang memutuskan untuk menikah. Berikut adalah 5 alasan seseorang pada akhirnya memutuskan mengakhiri masa lajangnya :

 

 

1. Karena Sudah Berpacaran Cukup Lama

Ada yang sudah pacaran lima tahun, enam tahun bahkan ada juga yang mencapai delapan tahun. Wah, tenor cicilan mobil pun kalah ya, CeweQuat. Jika alasan ini menjadi alasanmu untuk menikah, sebaiknya dipikirkan matang - matang deh. Apa saja yang harus dipikirkan?

Pikirkan sepanjang kalian berpacaran dalam jangka waktu yang lama itu, apakah dia pernah selingkuh atau melakukan sesuatu hal yang menyimpang dan membuatmu terpuruk dan sakit hati? Pikirkan juga bagaimana perlakuan dia terhadapmu selama ini, apakah dia benar - benar memperlakukanmu dengan sebaik - baiknya perempuan seharusnya diperlakukan atau malah dia bersikap tidak peduli dan kasar? Selain itu, ukur juga kadar pertengkaran kamu dengan pasanganmu dan kalikan 3, seperti itulah keadaan konflik yang akan kamu hadapi setelah menikah bersama pasangan yang kamu pilih.

Memang berpacaran terlalu lama akan mengarahkanmu ke jurang dosa yang lebih dalam, tapi jika memang selama ini kamu bertahan dalam hubungan yang panjang hanya karena sekedar rasa sayangmu atau tidak bisa jauh dari pasanganmu, sebaiknya pikirkan lagi, CeweQuat. Karena usia berpacaran selama apapun tidak akan menjadi kehidupanmu menjadi lebih baik di masa depan.

 

 

2. Karena Mantan Akan Menikah

Ini termasuk alasan yang sangat tidak pintar. Jangan pernah memutuskan menikah jika bayangan masa lalumu belum sirna, CeweQuat. Alasan ini adalah alasan yang berlandaskan emosi dan amarah. Tidak usah terganggu dengan mantanmu yang ternyata akan menikah duluan, biarkan dia memilih apa yang dia pilih. Sebaliknya, kamu pun bisa memilih apa yang terbaik dalam hidupmu. Jika memang pasangan yang berada di sampingmu sekarang telah memperlakukanmu lebih baik daripada masa lalumu dan kesiapan mental kalian berdua memang sudah siap, silahkan putuskan kapan tanggal pernikahanmu.

Alangkah baiknya jika keputusan menikah yang timbul benar - benar dari hatimu yang sejalan dengan akal sehatmu, bukan berasal dari perasaan semata yang bercampur dengan emosi.

 

 

3. Karena Usia Yang Tidak Lagi Muda

 

Usia bukanlah faktor seseorang harus segera menikah. Menikah adalah bicara soal kesiapan mental dan seseorang dengan usia yang matang belum tentu pikirannya matang. Jadi, jika kalian sudah merasa "tertindas" dan terusik dengan berbagai pertanyaan di sekelilingmu yang mengkaitkan usiamu saat ini dengan pernikahan, sebaiknya kamu tidak perlu khawatir dengan hal itu. Karena tidak sedikit pasangan yang menikah dengan usia yang sangat muda, pernikahannya malah tidak bertahan lama. Pergunakanlah usia mudamu dengan memperbanyak pengalaman hidup dan menikmati momen dengan diri sendiri.

 

4. Karena Banyak Teman Yang Sudah Menikah

Perempuan adalah makhluk yang akan merasa panik ketika melihat teman - temannya ternyata sudah mulai menyebar undangan dan mempersiapkan pernikahan. Pasti akan ada pertanyaan dalam benakmu, "Dia aja udah, gue kapan?".

Pernikahan bukan ajang ikut - ikutan, CeweQuat. Memang cukup wajar jika kamu merasa iri ingin dipinang oleh laki - laki yang kamu cintai, tapi ingat bahwa segala hal yang dilakukn secara terburu - buru malah akan jadi berantakan.

Jika teman - temanmu menikah dan kamu belum, cukuplah kamu hadir di pernikahan mereka dan memberi dukungan. Malahan kamu bisa sekalian ikut membantu temanmu mempersiapkan pernikahannya dengan sukarela. Ini akan jadi pengalaman berharga buatmu jika nanti di kemudian hari kamu akan menikah.

 

 

5. Karena Tuntutan Orang Tua

 

Tidak semua orang tua ingin anaknya menikah muda atau segera menikah, karena beberapa di antara mereka biasanya ingin anak - anaknya menikmati masa mudanya dahulu dan bekerja keras. Setelah mapan, barulah diperbolehkan menikah.

Tapi, ada pula orang tua yang risih melihat anaknya berpacaran lama - lama tanpa ada ikatan pernikahan. Mereka biasanya dipenuhi perasaan khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, apalagi jika anak mereka adalah seorang perempuan.

Tidak perlu panik dan kesal ketika orang tuamu untuk segera menikah dengan pasanganmu hanya karena kekhawatiran mereka. Jika memang kamu dan pasanganmu belum siap, bicaralah dari hati ke hati dan berikan mereka kepercayaan bahwa kamu memang ingin fokus terhadap apa yang sedang kamu lakukan saat ini ketimbang menikah. Tapi, jika memang kamu sudah siap dan merasa pasanganmu yang sekarang akan menjadi pemimpin keluarga yang baik, ada baiknya kamu mewujudkan keinginan orang tuamu.

 

Nah, CeweQuat sekarang sudah terbuka kan pemikiran kalian tentang keputusan untuk menikah? Jadi, untuk kalian yang akan menikah, pikirkan lagi apa sebenarnya alasan kalian memutuskan hal itu. Jangan sampai menjadi penyesalan di kemudian hari. Sedangkan untuk kalian yang belum ingin menikah, alasan - alasan di atas dapat menjadi referensi untukmu supaya tidak salah mengambil keputusan di kemudian hari.


0 Comment




Welcome to the community

Komunitas kita adalah wadah untuk komnunitas pengguna operator XL, dan disini setiap member bisa saling berbagi informasi dan saling membantu.
  348
  31/08/2016

Top Member

Indy Sumaryo

33
Petty Fathia

8
ActionCOACH South Jakarta

3
Saskia Wahyu Riani

2
bunga mega

2

NEWSLETTER