Home / Artikel / TRAVEL & LIFESTYLE / Kamu Hobi Traveling? Pernah Dengar Profesi Travel Blogger? Yuk Intip Apa Itu Travel Blogger dan 10 Tipsnya Membuat Travel Blog!

Kamu Hobi Traveling? Pernah Dengar Profesi Travel Blogger? Yuk Intip Apa Itu Travel Blogger dan 10 Tipsnya Membuat Travel Blog!

by Indy Sumaryo Kamis, 24 Nov 2016 17:00 659 - TRAVEL & LIFESTYLE

bg-reg

Bagi CeweQuat yang menekuni pekerjaan yang bisa dilakukan sambil traveling tentu menjadi mimpi tersendiri. Salah satu jenis pekerjaan yang memungkinkan kamu tetap bisa melanglang buana sembari melepas penat dan menghasilkan uang yang tak sedikit adalah travel blogger.

Traveler adalah seseorang yang melakukan perjalanan dengan jalan kaki atau menggunakan kendaraan. Sedangkan blogger adalah seseorang yang berprofesi menjadi penulis blog. Lebih singkatnya travel blogger adalah seorang penulis blog (Blogger) yang fokus menulis tentang pengalamannya dalam mengunjungi suatu tempat.

Ya, menjadi seorang travel blogger memang selalu terdengar menarik. Trinity, Gemala Hanafiah, Marischka Prudence sederet nama yang nggak asing lagi ya, CeweQuat. Mereka nggak hanya sukses membuat travel blog-nya terkenal, namun juga sukses menghasilkan pundi-pundi uang. Untuk bisa sesukses para travel blogger di atas, kamu tentu harus memiliki ilmu tersendiri. Seiring dengan semakin antusiasnya orang-orang untuk berlibur, semakin banyak pula travel blog yang menjamur dimana-mana. Inilah 10 tips buatmu yang ingin menjadi travel blogger :

 

Blog Untuk Alasan Yang Tepat

 

 

Platform gratis yang bisa kamu gunakan adalah blogspot atau wordpress. Tak hanya itu, kamu pun bisa memesan jasa pembuatan websitemu sendiri. Mulailah membuat blog dengan tujuan yang benar dan alasan yang tepat. Kamu yang senang berbagi pengalaman perjalanan ataupun memberikan tips perjalanan harus dimulai dengan menulis dari hati dengan begitu kamu akan mendapatkan pembaca setia, CeweQuat.

 

Banyak Membaca

 

 

Menulis harus dibarengi dengan membaca. Bagaimana jadinya jika kamu senang traveling dan sharing pengalaman namun kamu malas untuk membaca, CeweQuat. Dengan membaca dapat memberikan sebuah pemahaman dan pengetahuan yang baru. Bacalah apa yang dikatakan oleh orang-orang yang sukses di bidangnya, lihatlah cara mereka bekerja, aplikasikanlah beberapa hal yang menurutmu cocok. Orang sukses pasti beranjak dari ‘trial and error’ tetapi mereka terus belajar.

 

Punya Ciri Khas Tersendiri

 

 

Secara umum, blogger sukses menulis tentang satu subjek saja, misalnya wisata bawah laut, wisata mewah, wisata hemat dan lain-lain. Begitulah caranya untuk menarik perhatian para pembaca. Jadi kamu punya ciri khasmu sendiri, yakinkan pada dirimu, kamu fokus dalam menulis wisata apa. Penting untukmu memiliki sudut pandang yang unik karena kamu harus berbeda dari ribuan blogger lainnya. Seperti Mbak Gemala Hanafiah dengan tag line di blognya : I surf, I travel, I share dan mempunyai vlog bersama seorang temannya yaitu Wet Traveler. Kamu tentu bisa menyimpulkan kekhasan dari seorang Gemala Hanafiah ini.

 

Buatlah Cerita Yang Baik

 

 

 

Seorang travel blogger harus mempelajari seni bercerita dan menggunakannya ketika menulis tentang sebuah destinasi wisatanya. Berbicara soal seni bercerita, di waktu kecil tentu banyak dari CeweQuat yang didongengkan atau dibacakan cerita oleh orang tua. Bagaimana orang tuamu menceritakan dari buku cerita dan kamu merasakan senang, tegang atau petualangan di dalamnya, terakhir ada pesan moral dalam cerita tersebut. Nah, picu rasa itu di blog travelmu agar pembacamu ikut merasakan dan betah berlama-lama di blogmu.

 

Detail Dalam Menulis

 

 

Salah satu agar pembaca nggak bingung untuk membaca blogmu yaitu berbagi pengalaman dengan cara yang mudah diikuti. Menulis tips-tips seperti harga, jam buka dan bagaimana untuk sampai ke tempat tersebut patut kamu infokan. Ketika kamu memberikan informasi yang inspiratif sambil memberikan informasi tentang bagaimana untuk melakukannya, pembacamu akan mengingat dan menghargainya.

 

Buat Design Blog Yang Menarik

 

 

Dalam blog traveling, selain konten, satu hal yang perlu diperhatikan adalah desain, CeweQuat. Desain yang dimaksud adalah tampilan blog dan juga desain pelengkap konten seperti foto atau bisa juga video. Kamu harus membuat desain semenarik mungkin agar pembaca betah berlama-lama menjelajah blogmu. Kamu bisa mencoba berbagai template blog yang cerah. Carilah beberapa template gratis di mesin pencari atau jika kamu punya dana, belilah template yang bagus atau pesan dari jasa pembuat desain template atau website sesuai dengan keinginanmu. Travel blog mengharuskan blogger memiliki sedikit paham tentang ilmu fotografi. Dengan memahami teknik pemotretan, kamu bisa menghasilkan desain foto yang menarik untuk menjadikan blog atau websitemu lebih baik lagi.

 

Komitmen Dalam Menulis

 

 

Menulis travel blog yang dilakukan dengan benar memakan banyak waktu dan usaha, sehingga kamu harus bersabar ya, CeweQuat. Memang awalnya sulit, saat ini pun banyak travel blog yang sudah popular yang sudah berada di posisi yang kuat. Jika kamu serius membangun karier dari travel blog ini, kamu perlu komitmen jangka panjang untuk bergelut di dalamnya. Fokuslah pada kualitas konten dan networking yang kuat, seperti media sosial, mailing list, komunitas dan lain-lain.

 

Pelajari Teknik SEO

 

 

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada posisi teratas di mesin pencarian (search engine). Jadi tulislah artikelmu dengan baik, buatlah tulisan dan judul yang mudah ditemukan. Berikan banyak paragraf untuk membantu pembaca beristirahat. Artikel yang terlalu padat nggak disukai oleh orang. Dengan banyaknya paragraf, judul- judul yang jelas dan unik dan link ke konten lain yang relevan, maka setidaknya blogmu lebih mudah terdeteksi oleh mesin pencari dan orang-orang akan nyaman membacanya. Pastikan blogmu terdaftar di tempat-tempat seperti Google Webmaster Tools, di mana kamu akan mendapatkan umpan balik untuk meningkatkan awareness di kata kuncimu, dan tentu saja melacak statistikmu dengan Google Analytics, sehingga kamu bisa melihat dari mana orang-orang datang ke blogmu, dengan kata kunci apa, dan sebagainya. Pundi-pundi uang pun berawal dari sini.

 

Menghadiri Workshop atau Event Pariwisata

 

 

 

Selain kamu fokus menjaga kualitas konten dan networking seperti yang sudah disinggung diatas, pilihan yang bagus untuk diperhatikan adalah menghadiri workshop atau event pariwisata. Seperti event yang diadakan oleh cewequat.com dalam acara Datang Bulan Desember pada tanggal 10 Desember 2016 di FX Sudirman ini dengan tema How To Be A Successful Travel Blogger. Salah satu pembicaranya sempat saya bahas diatas, coba tebak siapa? dijamin kamu nggak rugi datang ke event ini karena banyak ilmu dan pengalaman yang akan dibagikan oleh mereka yang sukses dibidangnya. Kamu mau mengikuti jejak kesuksesannya? Baca info selengkapnya dengan klik gambar yang terpampang jelas di halaman depan website cewequat.com atau lihat di sebelah kanan monitormu ini.  Jangan lupa untuk mengunjungi dan like fan page nya Cewequat ya.

 

Mulai Dari Sekarang

 

 

Kalau nggak sekarang, kapan lagi. Satu-satunya cara untuk membuat sesuatu itu segera berhasil adalah memulainya. Jadi, jalankan saja blogspot gratisan atau akun Wordpress, dan mulailah menuliskan kata-kata di blogmu tersebut.

 

Yang terpenting adalah memulainya dari sekarang. Menulis di blog dapat terlihat seperti pekerjaan yang menakutkan dan membutuhkan sedikit pekerjaan pada awalnya. Tapi jika kamu melakukan dengan hati akan ada imbalan yang besar, CeweQuat. Atur jadwal, tentukan kemampuan khusus atau sudut pandang penulisanmu, dan kemudian lakukan.


0 Comment




Welcome to the community

Komunitas kita adalah wadah untuk komnunitas pengguna operator XL, dan disini setiap member bisa saling berbagi informasi dan saling membantu.
  348
  31/08/2016

Top Member

Indy Sumaryo

33
Petty Fathia

8
ActionCOACH South Jakarta

3
Saskia Wahyu Riani

2
bunga mega

2

NEWSLETTER