Home / Artikel / TRAVEL & LIFESTYLE / 5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Lombok, Surga Tersembunyi di Timur Indonesia

5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Lombok, Surga Tersembunyi di Timur Indonesia

by Petty Fathia Rabu, 14 Sep 2016 09:00 1200 - TRAVEL & LIFESTYLE

bg-reg

Wisatawan biasanya akan memilih Bali sebagai tempat plesir yang memanjakan mata dengan keindahan pantai - pantainya. Tidak hanya para pelancong, para pengantin baru pun berbondong - bondong berbulan madu di tempat yang sangat romantis seperti Bali. Namun, adakah tempat yang mampu menandingi Bali sebagai tempat wisata bahari yang luar biasa mengesankan? Jawabannya tentu saja ada, yaitu Lombok.


Lombok terletak di Pulau Jawa bagian timur Indonesia dan sangat dekat dengan Pulau Bali karena dua pulau ini memang bersebelahan. Bisa dibilang, Lombok memiliki pantai - pantai yang hampir tidak terjamah dan pemandangannya sangat langka, bahkan beberapa orang bilang pantai di Lombok lebih bagus dibandingkan di Bali. Selain itu, Lombok juga memiliki budaya dan kesenian tersendiri yang berbeda dan cukup unik untuk dipelajari.

CeweQuat, jika kamu berniat melancong ke sini, ada baiknya kamu mengetahui beberapa informasi tentang "Pulau Surga" ini supaya perjalanan kamu lebih menyenangkan tanpa adanya culture shock dan sejenisnya. Berikut adalah 5 fakta tentang Lombok yang setidaknya bisa menjadi gambaran tentang Lombok untuk kamu :

 

 

1. Gili Trawangan, Sensasi Lautan Tak Terlupakan

 

Untuk mencapai Gili Trawangan dari Pulau Lombok, kita harus menyeberangi laut dengan perahu atau kapal selama kurang lebih 20 menit. Sepanjang waktu menyeberang kalian akan menikmati pemandangan laut biru yang sangat indah. Tapi, jangan senang dulu, CeweQuat. Karena selama perjalanan ini kalian akan sering sekali bertemu dengan ombak yang cukup besar sehingga perahu yang kalian naiki akan terasa terombang - ambing seperti hendak terbalik dan ini akan menimbulkan sensasi yang berbeda bagi setiap orang tentunya. Ombak akan lebih terasa ketika perjalanan kembali dari Gilir Trawangan menuju Pelabuhan Bangsal di Lombok, karena perahu akan melawan arus ombak sehingga besar kemungkinan perahu akan menabrak ombak - ombak dan kita yang ada di perahu basah kuyup.

Sesampainya di Gili Trawangan kalian tentu akan banyak melihat Turis Mancanegara berbikini ria, berjemur, bersiap untuk snorkling atau scuba diving. Untuk menjelajahi Gili Trawangan, kalian bisa menyewa sepeda atau naik andong. Tapi, yang harus kalia perhatikan adalah biaya hidup di Gili Trawangan bisa mencapai 3 kali lipat daripada di Pulau Lombok itu sendiri. Maka, menyewa sepeda lebih dianjurkan dibandingkan naik andong, karena harga berkeliling Gili dengan andong bisa mencapai Rp 150.000 dan ini belum biaya kembali ke pelabuhan. Mahal banget ya! Dengan sepeda, kita bisa mengelilingi Gili Trawangan selama satu jam, melelahkan tapi sangat puas karena kamu bisa dengan leluasa berhenti di mana saja kalian mau untuk berfoto - foto, karena pemandangannya akan berbeda - beda di sepanjang Gili, CeweQuat.

 

 

2. Suku Sasak, Pengrajin Dengan Adat Budaya Yang Tidak Biasa

 

Di bagian timur Lombok terdapat sebuah Desa bernama Desa Sasak yang dihuni oleh Suku Sasak. Yang unik dari mereka adalah rumah mereka yang bahan bakunya terbuat dari jerami dan kotoran kerbau. Jadi, kalau kalian berkunjung ke Desa ini, jangan kaget jika kalian mencium aroma tidak sedap ketika memasuki rumah Suku Sasak ini. Mereka juga memelihara kerbau di sekitaran desa mereka.

Suku Sasak adalah para pengrajin juga lho, CeweQuat. Mereka menghasilkan kain yang diberi nama sesuai dengan nama suku mereka, yaitu Kain Sasak. Kain ini dijual sangat mahal sekali karena proses pembuatannya yang cukup rumit. Satu meter kain sasak bisa mencapai Rp 500.000.

 

 

3. Kerajinan Tenun, Perempuan Lombok Wajib Bisa Menenun

Selain Kain Sasak, Lombok juga terkenal dengan Kain Tenunnya. Hal yang unik dalam kerajinan tenun ini adalah semua perempuan di Lombok wajib bisa menenun atau mereka tidak boleh menikah. Proses menenun ini sangat panjang, mulai dari memintal benang, merendam benang dengan pewarna, sampai proses menenun itu sendiri. Mitosnya, laki - laki di Lombok dilarang menenun karena menurut kepercayaan mereka, jika seorang laki - laki menenun maka laki - laki itu tidak bisa memiliki anak (mandul).

Meskipun Kain Tenun harganya tidak semahal Kain Sasak, tapi proses pembuatan yang mencapai bulanan membuat kain ini juga bernilai dan berkualitas tinggi.

 

 

4. Tidak Ada Lamaran, Perempuan Lombok Diculik Ketika Sudah Siap Menikah

 

Jika di Jakarta dan sekitarnya ketika seorang perempuan dipinang oleh laki - laki pilihannya, maka akan diadakan acara pertunangan atau lamaran. Berbeda dengan di Lombok, laki - laki akan mengapel ke rumah si perempuan dan jika si perempuan juga tertarik, mereka akan ikut dengan laki - laki itu. Peristiwa ini disebut "diculik". Unik, ya. Biasanya setelah proses "penculikan" ini, tak lama akan digelar pesta pernikahan yang berlangsung 2 - 3 malam lamanya.

 

 

5. Jalan Raya Senggigi, No Thanks Street

 
Ada yang membedakan antara Lombok Barat dengan Lombok Timur, yaitu para pedagang asongan. Kalian akan sangat jarang menemukan pedagang asongan di Lombok Timur, tapi di Lombok Barat hampir semua tempat ada pedagang asongan yang menjajakan barang dagangannya.
 
Jalan Raya Senggigi di Lombok Barat memiliki nama lain No Thanks Street. Mengapa dinamakan begitu? Karena di sini banyak terdapat Turis Mancanegara dan banyak pedagang asongan yang menjajakan dagangannya kepada mereka, sehingga kebanyakan dari mereka berkata "No Thanks" sebagai penolakan mereka tidak ingin membeli dagangannya.
 
Pedagang asongan di Lombok memiliki keunikan tersendiri, yaitu mereka akan menggelar dagangannya di tempat ramai dan jika tempat itu sudah sepi atau para tamu sudah meninggalkan area mereka berjualan, mereka akan membereskan kembali dagangannya saat itu juga.
 
 
 
Budaya Indonesia sangat menarik untuk dipelajari karena memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh negara di belahan dunia manapun. Nah, bagaimana CeweQuat? Apakah kamu ingin segera membeli tiket ke Lombok dan menikmati surga tersembunyi di dalamnya? You will never regret it!

0 Comment




Welcome to the community

Komunitas kita adalah wadah untuk komnunitas pengguna operator XL, dan disini setiap member bisa saling berbagi informasi dan saling membantu.
  348
  31/08/2016

Top Member

Indy Sumaryo

33
Petty Fathia

8
ActionCOACH South Jakarta

3
Saskia Wahyu Riani

2
bunga mega

2

NEWSLETTER